Pages

20111129

pola asuh orangtua paling benar..??

hmm.. lagi-lagi ini karena abis masuk mata kuliah psikologi perkembangan anak usia dini.. karena kebtulan tadi pas wawtu diskusi ada temenku yang nanyain bagaimana sih pola asuh orang tua yang paling bener itu..?? atau gak yang paling baik deh.. supaya ntar anak-anaknya pas gede jadi anak yang bener juga..

hahaha.. dan jawabannya adalah..
hayoo.. apa cobaa..??


jadii,, kalau kita searching di mbah google,, tentang pola pengasuhan orangtua,,akan banyak tuh muncul berbagai macam tipe-tipe pengsuhan, ada yang authoritative, authoritarian, permissive, democratis, dominion, punitivness, dan lain-lain sebagainyaa..

sebagian besar menyatakan pola pengasuhan yang terbaik itu adalah authorotative.. karena memberikan acceptance dan kontrol yang baik buat anak, bla..bla..bla.. haha.. *kenapa bla..bla..bla.. karena bisa di baca sendiri di mbah google... capek kalu harus ngetik ulang.. hhee..
ternyata,, pola pengasuhan yang beredar di msyarakat ini adalah sebuah adopsi dari pola pemerintahan dalam suatu organisasi, lembaga, ataupun suatu negara.. sehingga tidak cocok jika harus diterapkan kepada si anak.. kenapa tidak cocok..?? jelas donk.. anak itu kan manusia,, bukan sebuah lembaga yang jelas-jelas adalah benda mati..

jadi, yang terpenting dalam pola pengasuhan orangtua itu adalah ke satu visi dan misi nya antara si ayah dan si ibu dalam membessarkan anaknya.. jangan sampe ntar si ibu lagi marah ma si anak karena anaknya emang salah, eh.. si ayah malah ngebujuk dan ngediemin si anak.. nah,, yang beginian udah bisa di bilang gak satu visi misi.. sehingga si anak jadi bingung,, karena dapat pola asuh yang berbeda dari ayah dan ibunya.. dan hal ini gak baik lo buad perkembangan si anak..

so,, pola pengasuhan seperti apa sih yang tepat untuk si anak..?? setelah si ayah dan si ibu seiya dan sekata,, untuk menjalankan pola pengasuhan yang tepat buat anak mereka,, jawabannya adalah pola pengasuhan yang fleksibel. mengapa yang fleksibel..?? karena pola pengasuhan orangtua harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter si anak juga.. karena ada saatnya si anak harus di asuh dengan pola asuh permissive,, ada kalanya juga harus diberi pengasuhan dengan gaya pengasuhan auotoritative,, ada juga yang harus dengan authiritarian..

nah,, satu lagii nii.. belum tentu juga pola pengasuhan yang telah kita berikan untuk anak pertama,, cocok dengan anak kedua, dan anak ketiga, dan anak-anak yang lainnya.. karena mereka kan memiliki karekter yang bebeda.. sehingga gaya pengasuhannya pun berbeda.. bukan berarti pilih kasih lo.. sekali lagi,, sesuaikan dengan kebutuhan, umur, dan karakternya si anak ya..
sepertinya cukup sekian deh tulisan singkat saiia mengenai rangkaian perkuliahan psikologi perkembangan anak usia dini yang saiia dapat di hari ini.. emang beda ama mbah google.. karena memang tak ada orangtua yang benar-benar 100 persen akan  menerapkan suatu pola asuh tertentu pada anaknya.. pasti ada yang di ambil,, dan ada juga yang di tinggalkan..

so,, silahkan mulai dari sekarang di pikirkan,, kira-kira pola asuh seperti apa yang akan diterapkan pada anak-anak kita nanti..?? tapi,, jika sudah dapat,, sesuaikan lagi ya dengan karakteristik si anak.. okeh-okeh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar