Pages

20160119

Cinta: Memperjuangkan atau Melepaskan

Cinta.
Terkadang sempat berpikir apa itu cinta? Ada apa dengan cinta? Mengapa harus ada cinta? Bagaimana itu cinta? Dan kapan itu disebut cinta?

Pada dasarnya cinta adalah perasaan fitrah yang dimiliki setiap manusia. Baik tua, muda, kaya, miskin, sebaik dan sejahat apapun orangnya, pasti memiliki bibit-bibit cinta dihatinya.

Sebenarnya bagaimana hakikat cinta? Ya, cinta memang tidak harus saling memiliki. Tak sedikit yang merasakan bahwa cinta juga bisa memberikan rasa sakit dan perih di hati. Mengapa bisa begitu? Ya, karena tidak tepat caranya, tidak tepat jalannya, dan tidak tepat pada waktunya.

Cinta itu fitrah. Jila belum mampu membuktikan, tidak usah diucapkan. Simpan saja dia dalam diam. Berdoalah agar diberi kemantapan dan keberanian untuk mengungkapkan. Jika memang sudah mampu mepertanggungjawabkan, maka buktikanlah dengan perbuatan. Ikuti tuntunan islam, temui orangtuanya untuk taarufan, jika jodoh insyaAllah sampe ke walimahan.

Karena pada dasarnya hakikat cinta hanya ada dua, memperjuangkan atau melepaskan. Jika siap maka nikahi, jika belum siap ya sudahi. Karena cinta itu butuh bukti bukan janji.

Meminta menunggu itu bukan pilihan. Jika menunggu adalah sebuah pilihan, maka memilih untuk tidak menunggu adalah jawaban. Karena takdir tidak akan pernah memberi kesempatan. Kesempatan itu kita yang menciptakan, kita yang memutuskan.

Tere liye pernah menulis, hakikat cinta sejati itu adalah melepaskan. Maka lepaskanlah, jika benar itu cinta sejati, maka ada saja jalan yang akan mempertemukan dan mempersatukannya kembali. Jika ia tidak kembali, simpel saja. Itu bukanlah cinta sejati.

Lebih memilih yang mana? Memperjuangkan atau melepaskan? Halalkan atau tinggalkan? Nikahi atau sudahi? Terkadang apa yang baik menurut kita, belum tentu menurut Allah. Buruk menurut kita, belum tentu buruk dimata Allah. So, serahkan saja semuanya pada Allah, karena dia adalah penulis skenario yang paling indah.



Malam dibawah rinai hujan, #011916

Tidak ada komentar:

Posting Komentar