Pages

20160304

Nabung 20 Ribu

Mungkin kalian pernah baca postingan tentang nabung 20 ribu ini. Ya, aku pun menjadi terinspirasi untuk menabung 20 ribu ini karna baca postingan di fb kalau ga salah. Dimana peraturannya dalam menabung 20 ribu ini, setiap kamu ketemu uang 20 ribu, maka wajib hukumnya untuk ditabung.

Ya, setiap ketemu uang 20 ribu, maka itu duitnya wajib dimasukkin kedalam celengan. Nah, kalau aku make media celengannya dari bekas botol air mineral, karena botolnya bening dan isinya ijo-ijo, jadilah aku menamainya celengan ijo.


Mengapa harus 20 ribu? Jawabannya karena uang 20 ribu itu sedikit langka dan agak susah ditemukannya. Maksudnya peredarannya tidak sebanyak uang 10ribu atau 5ribu. Dan menurutku nominalnya juga pas, tidak terlalu besar dan terlalu kecil. Coba aja kalu nabungnya 50 ribu, tiap ketemu uang 50 ribu harus dimasukin celengan. Nah, abis gajian kalu ketarik uang di ATM yg isinya 50rb juga, ga makan deh tu sebulan karena semua duitnya dimasukin ke dalam celengan, hehe.

Ketika baru memulainya agak sulit memang, karena susah juga ternyata nyari uang kembalian yg ada 20ribuannya. Disana tantangannya memang, atau biasanya begini nih cobaannya, ketika tanggal tua, mecahin duit seratus ribuan yg tinggal satu-satunya di dompet, eh ga taunya pas belanja duit kembaliannya ada 20ribunya, nah itu dilema banget tu, masukin ga ya? Masukin ga ya? Masukin ga ya? Mau dimasukin ga nya sih itu tergantung iman dan kondisi keuangan masing-masing deh, ga ada yang bisa maksa juga, hehe.

Intinya sih ga dipaksain, tapi cukup diprioritaskan dan diseriusin aja. Pengalaman pribadi nih, boleh lah ya di share sedikit aja. Aku Berazzam untuk mulai menabung 20ribu itu kalu ga salah akhir oktober 2015. Pas pertengahan januari, tepatnya 15 januari 2016 kemarin, ada sedikit musibah yang menimpa henpon ku ini, LCD nya rusak dan pecah karena jatoh dan mencium lantai semen yg kasar pas turun mobil.

Jadi ceritanya, jumat sore itu sepulang kerja mampir bentar ke car wash buad nyuci mobil. Setelah sampe di carwashnya di suruh turun ama mas-masnya, biar si mas-masnya aja yg markirin mobilnya ke tempat cucian. Alhasil karena kerempongan sendiri, sambil megangin tas, botol minum dan ntu hp, pas turun mobil si hp meluncur dengan indahnya dari tangan gue dan jatoh. Awalnya pas jatoh masih santai-santai aja, ngambil itu hp dan jalan deh ke ruang tunggu, karena waktu itu ngeliat lampu LED nya masih nyala, dalam hati berpikir henponnya baik-baik aja donk.

Ehh, ga taunya pas dinyalain layarnya, blank sudah setengah layarnya. Barulah kelihatan retak disana sininya. Rasanya? Lemes seketika, duduk pun rasanya ga ada tenaga. Waktu itu langsung pinjem hp temen dan nelpon kakakku, nanyain gimana nih LCD nya rusak, minta solusi dan tuker pikiran ceritanya. Pernyataan kakakku ga kalah bikin lemesnya, katanya drpd ganti LCD, karena makan waku yang cukup lama, mending beli baru aja. Mak, Jleb, beli baru? Duit darimana (nangis) mana ini hp baru aja setahun usianya, rasanya ga rela beli baru. Udah terlanjur jatuh hati ama ini henpon.

Akhirnya sampe rumah dan ngadu ke mama. Solusi mama, sama disaranin beli baru juga (karena ngeliat muka gue yang galaunya tingkat akut). Astagfirullah, henpon rusak aja kok bisa segitu galaunya ya? Tobat van, tobat, hehe. Tapi ada alternatif lain yang di tawarkan mama, bsk coba survey dlu di beberapa toko henpon yg ada disini, tanya bisa ganti LCD ga, berapa lama, kalau beli yang baru harga berapa? Nanti setelah dapet hasil surveynya barulah kita ambil keputusan mana yang terbaik. Okeh ma, deal. Mama memang yang terbaik, love you ma...

Malam itu udah mikir-mikir. Nyiapin budget untuk kemungkinan terburuk. Cek rekening, cek tabungan, kok ya rasanya ga relaaaaa gitu narik duit cuma buat beli yang baru, ga rela ga rela dan berat banget rasanya. Truz tiba-tiba aja ini mata ngeliat ada yang ijo-ijo di atas meja, udah lumayan penuh walau sebenarnya masih bisa diisi dan di penuhin lagi. Tergodalah untuk membongkar dan melihat sudah berapa nominal yang tertabung di dalam botol bening itu, senggaknya bisa kali ya membantu agar ga menarik nominal angka yang terlalu dalam dari rekening.

Alhasil, walau ga rela juga (tapi tetap lebih ga rela narik duit dari rekening sih :p ) akhirnya di bongkar deh tuh si celengan ijo, dan mulai ngitung kira-kira totalnya berapa yaa? Secara nabung juga belum sampai 3 bulan kan. Eh, tetapi hasilnya alhamdulillah lumayan juga, terkumpul Rp760.000 dalam waktu ga sampe 3 bulan dan diluar tabungan resmi. Alhamdulillaah sekali rasanya. Ga sia-sia ternyata kemarin nyoba nabung si ijo ini. Senggaknya nominalnya lumayan membantu lah buad tambahan besok apapun solusi yg harus diambil nantinya.

Besok siang survei deh tu ama mama. Di toko pertama ga bisa ganti LCD, liad harga yang baru pun rasanya maha bgt, rasa-rasanya mau beli di Laz*da aja, beda harganya ampe sejeti, gokil banget ga tu toko ngasih harganya, ckckck. Lanjut ke toko kedua, si enci-encinya bilang klu ada barangnya bisa di ganti LCD nya, tapi di tanya dlu ya barangnya ada ato enggak. Kalu barangnya ada mah ganti LCD itu cuma sebentar, ga lama-lama. Palingan cuma dua hari. Nahh, lega kan rasanya, berarti bisa ganti LCD aja, tp itu klu barangnya ada. Dan alhamdulillaah nya barangnya ada, dan alhamdlulilllaahnya lagi, harganya ga semahal yg aku kira. Ganti LCD dan ongkos pasangnya kata si encinya cuma kena 550rb. Alhamdulillaaah senengnyaaa, ga perlu narik duit dari ATM lagi, cukup deh tercover hasil dari nabung si ijo kemarin aja. Dalam hati berpikir, apa ini hikmahnya kenapa kmrin itu ngebet banget pengen nyoba nabung duit 20ribu ya? Tapi ya Alhamdulillaahnya nabung si ijo itu bisa nge save duit rekening dari hal-hal urgent yg emang butuh duit seperti yang aku ceritakan tadi.

Sekarang, alhamdulillah masih continue untuk menabung si ijo ini. Rasanya membantu sekali untuk menghadapi masalah-masalah keuangan yang tak terduga seperti yang aku alami kemarin. Nah, ga ada salahnya kan buat kalian juga ikutan nyoba. InsyaAllah bakal nge save keuangan kalian deh. Dicoba yaa, semoga bermanfaat. Selamat menabung dan memburu si ijo 20ribuan. (:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar