Pages

20160327

Antara Aku dan Manggis

Ada apa antara aku dan manggis? gak, gak ada hubungan apa-apa kok. Hubungan kita baik-baik aja, simbiosis mutualisme 😁

Jadi tadi pagi itu nganterin mama belanja ke pasar. Karena emang dasarnya suka buah, jadilah suka minta ke mama beliin buah ini dan itu. Ehh, dasarnya emak-emak yang perhitungan dan kali-kali nya untuk hemat itu super duper ketat sekali (dijamin guru matematika aja kagak ngerti itu rumusnya) mama itu suka mikir-mikir dulu buat ngabulin permintaan anaknya ini apa kagak.

Secara aku udah pasang tampang innocent, kedip-kedip, mencoba ber indirect speech sama mama, semoga mama peka dengan kode-kode yang aku berikan. Peka sih, cuma dibelikannya ga sesuai yg diinginkan, hiks.. Alhasil jadilah mulai saat ini kalu nganterin mama kepasar bawa duit sendiri. Jadi nnti kalu ada buah yg dipengen bisa beli. Tinggal minta tolong mama aja buad nawarin dan milihin mana yang seger-seger.

Jadilah, sebenernya tadi pas nganter mama ke pasar berharap si bapak-bapak yang jualan manggis imut-imut kemarin masih jual itu manggis. Soalnya kemaren pas minta beliin mama cuma di beliin stngah kilo doank, ya langsung abis sekali makan 😂😂😂.
Okeh, setelah kode2 mama, akhirnya mampir juga deh tu ke tempat bapak-bapak yg kemarin jualan manggis. Alhamdulillaah manggis imut-imutnya masih ada.

Eh, walau imut-imut gitu manggisnya manis loh ya. Manis banget. Kalu kata orang minang, "manyalinok bana manihnyo". Mama nanya, mau berapa van? Setengah aja lah ya? Aku langsung bilang, sekilo aja ya ma, please (dengan mata berbinar-binar) biar vanny aja yg bayar sambil ngeluarin duit dari saku 😁 mak saya senyum sambil geleng-geleng kepala saja. Dalam hati berkata, yes, alhamdulillaah berhasil dan ga kena protes!! 😊😁

Okeh, sudah cukup intro dan pembukaannya sepertinya. Sesampainya di rumah, mama heran dan bertanya "kenapa sih segitu sukanya ama manggis van? Biasanya lebih suka semangka?"
"Iya ma, semangka suka juga. Tapi manggis ini kan langka. Musim-musiman. Ga tiap hari juga ada yg jual di pasar"
Sambil manggut-manggut dan ikutan makan manggis tiba-tiba mama nyeletuk,
"Oh iya, waktu mama hamil vanny dulu, mama kan emang ngidam pengen makan manggis. Pantesanlah suka bgt gini ya van"
Dan mama pun tertawa setelah bernostalgia dengan masa kehamilannya saat mengandung aku dulu.

Nah loh ma, berarti yg ngebuat vnny jadi suka manggis itu mama ya? Tadi malah nanya kenapa bisa suka banget 😅. Hahaha, jadilah kita ketawa-ketiwi sambil menikmati manggis yang manis ini.

Eh, tapi beneran loh ya, selama ini suka manggis, aku baru ngeliat pohonnya langsung itu akhir tahun 2015 kemaren pas main ke kebun raya bogor. Kalu ga ga bakal tahu deh tu bentuk pohonnya bagaimana. Dulunya ngirain kalu pohonnya itu kaya pohon markisah gtu, yang tumbuhnya merambat. Eh ternyata pohonnya tinggi gede kaya pohon jambu bol.

Soalnya dulu waktu aku masih kecil, tiap beli buah manggis, pasti ada aja yg ngasih tebakan lawas ini "bertelur di awang-awang, menetas di telapak tangan, apakah itu?" Yah, si buah manggis itu jawabannya. Kirain manggisnya mengawang-awang kaya markisah gtu, padahal semua buah yg batangnya tinggi emang buahnya pada tergantung di awang-awang yak, hehehe.

Lanjut, ada satu ibroh ni sepertinya yang bisa kita ambil.dari si buah manggis ini. Jangan suka su'udzon, jangan menilai sesuatu hanya dari luarnya saja. Sama kaya manggis ini, siapa sangka buah yang bewarna ungu kehitaman dan jelek ini, ternyata memiliki isi yang putih bersih dan manis luar biasa banget rasanya? Makanya kalu belum kenal seseorang itu secara mendalam, ga usah menghakimi dulu, ga usah nge judge yg enggak-enggak dulu. Karena siapa yg tahu, walau luarnya itu ganas, serem, eh tapi hatinya baik, sifatnya dermawan, who knows kan??

Jadi, intinya ga boleh suudzon. Ga boleh asal nge judge. Karena bisa jadi orang yang kita judge itu jauh lebih baik daripada kita. Dan jangan tertipu hanya karena melihat luarannya yang cantik, bagus dan indah. Karena apa yang ada di dalamnya belum tentu begitu. So, jadilah seperti buah manggis. Yang tampilannya sederhana dan apa adanya, namun memiliki isi yang putih, bersih, dan manisnya luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar